HASIL PRODUK DESAIN

HASIL PRODUK DESAIN INSTRUKSIONAL

DI MTS AL-HIKMAH PALEMBANG

 

 

 

DISUSUN   OLEH

NAMA                         : RIA ARINI

KELAS                                     : TP SORE

DOSEN PENGAMPU : Prof. Dr. Atwi  Suparman, MSc.

                                         Prof. Dr. H. Fuad Abd Rachman, M.Pd

                                         Dr. Djamaah Sopah, M.Sc.Ed

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PALEMBANG 2013

ANALISIS KASUS

PRODUK DESAIN INSTRUKSIONAL

 

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pengembangan Sistem Instruksional  merupakan salah satu bentuk pembaharuan sistem instruksional yang banyak dilakukan dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan, dengan maksud agar sistem tersebut lebih selaras dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, selaras pula dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam mengembangkan instruksional dibutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengembang sehingga mendapatkan hasil produk yang baik. Seorang guru sebagai peengembang hendaklah mengetahui langkah-langkah dalam menyusun pengembangan sistem instruktional  karena guru adalah seorang perencana dalam pembelajaran. Pentingya seorang guru menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaraan ( RPP) dengan harapan proses dan hasil belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Setiap pendidik menyadari bahwa minat dan motivasi belajar siswa memiliki peran yang cukup penting terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan pembelajaran seyogyanya guru atau pendidik melakukan berbagai upaya untuk dapat mengetahui minat dan motivasi belajar  peserta didiknya.  Dengan demikian kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan nantinya dapat berhasil mencapai tujuan sesuai dengan  harapan yang telah ditetapkan secara efektif.

Didalam membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat seperti Standar kompetensi, kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Ajar, Langkah-langkah pembelajaran dan alat penilaian hasil belajar . Untuk mendapatknan butir-butir yang ada dalam menyusun RPP seperti di atas maka  Guru harus mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP) sehingga menghasilkan produk analisis desain instruktional.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan pentingnya seorang guru mengembangkan instruktional pembelajaan maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai :

  1. Apa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengembangakn desain Instruktional di MTs Al-Hikmah Palembang?
  2. Bagaimana Hasil analisis kasus produk desain instruktional di MTs Al-Hikmah Palembang?

1.3 Tujuan

Makalah ini dibuat dengan harapan dapat memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan desain instruktional dan untuk mengetahui hasil analisis desain instruktional di MTs Al-Hikmah Palembang.

II. PEMBAHASAN

            Dalam mengembangkan desain instruktional ada beberapa langkah-langkah hal yang harus dilakukan oleh pendidik. menurut Supratman (2012) langkah-langkah yanga harus di lakukan  yaitu digambarkan seperti dibawah ini :

Mengiden  tifikasi kebutuhan instruktional dan menulis instruktional

Tahap menidentifikasi yang terdapat dalam bagan sederhana diuraikan menjadi tiga langkah menurut Suprtaman:2012 yaitu sebagai berikut :

  1. Menidentfikasi kebutuhan instruktional dan menulis tujuan isntruktional Umum.
  2. Melakukan analisis Instruktional
  3. Mengidentifikasi prilaku dan karakteristik awal peserta didik

Tahap mengembangkan terdiri dari dari empat langkah sebagai beikut :

  1.  Menulis Tujuan Instruktional Khusus
  2. Menyusun Alat Penilaian hasil Belajar
  3. Menyusun strategi instruktional
  4. Mengembangkan bahan instruktional

Tahap mengevaluasi dan merevisi dinyatakan sebagai berikut :

  1. Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif yang termasuk dalamnya kegiatan merevisi. Hasil akhir langkah kedelapan adalah sistem instruktional yang siap pakai.

2.1   Langkah-langkah pengembangan desain instruktional di MTs Al-hikmah Palembang.

2.1.1        Mengidentifikasi Kebutuhan Instruktional dan menulis Instruktional Umum

Kebutuhan adalah kesenjangan  keadaan saat ini dibandingkan dengan keadaan yang diharapkan  atau seharusnya. (Suparman 2012 : 118).  Berdasarkan Tujuan Pendidikan nasional yang terdapat pada UN no 20 tahun 2003 yang berisi : tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan Institusional atau lembaga yayasan pada sekolah MTs Al-Hikmah Memiliki Tujuan yaitu : Tujuan madrasah secara umum yaitu untuk membentuk dan membina pribadi muslim menjadi orang yang paham dengan agamanya dan sanggup mengamalkannya.  Lembaga Pendidikan Islam Al-Hikmah bertekad mencetak pribadi yang memiliki pemahaman ibadah, akhlaq yang terpuji, ilmu pengetahuan yang luas dengan dasar kecerdasan dan memiliki jiwa pemimpin, sehingga dapat tampil unggul di masyarakat baik dalam segi tingkah laku dan keilmuan maupun keimanan.

Tujuan umum dari belajar bahasa Inggris Secara nasional yaitu :  Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
  2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
  3. Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

Analisis Kebutuhan Umum terhadap mata Pelajaran Bahasa Inggris pada MTs Al-Hikmah Palembang yaitu :

  1. Adanya kesenjangan hasil belajar siswa kelas 7  dengan yang diharapkan  dengan Tujuan pendidikan baik secara nasional, lembaga maupun tujuan mata pelajaran bahasa Inggris.
  2. Hasil belajar siswa yang kecil memberikan informasi bahwa masih banyak siswa kelas 7 yang belum memahami materi pada mata pelajaran bahasa Inggris yang berdampak dalam memahami materi-materi bahasa Inggris selanjutnya.
  3.  Kesenjangan yang tidak sesuai dengan harapan itu sendiri disebabkan masih kurangnya Latihan yang dilakukan oleh Siswa sehinggga kebutuhan ke depan  adalah Siswa harus lebih banyak berlatih dalam Menggunakan Bahasa Inggris.

Dari Hasil analisis Kebutuhan dari kelas 7  di dapatkan  TIU atau Tujuan instruksional Umum yaitu (1). Setelah Mengikuti mata pelajaran bahasa Inggris Siswa mampu memahami materi pelajaran dalam Bahasa Inggris dengan baik. Kemudian penulis membuat batasan pada standar kompetensi memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat. Sehinggga dari standar kompetensi diatas didapatlah TIU atau Kompetensi Dasar yaitu : setelah mempelajari teks descriptive dan procedure diharapkan siswa dapat Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

2..2.   Melakukan Analisis instruksional

Analisis Instruksional Adalah  proses menjabarkan kompetensi umum menjadi subkompetensi, kompetensi dasar atau kompetensi khusus  yang tersusun secara logis dan sistematik.

Cara melakukan analisis instruktional yaitu pertama menuliskan seluruh TIU untuk mata pelajaran yang sedang dikembangkan. Kedua  menulis  setiap subkompetensi menjadi bagian dari kompetensi umum tersebut. Ketiga, menyusun subkompetensi kedalam suatu daftar dalam urutan yang logis dimulai dari kompetensi umum, subkompetensi yang paling dekat hubungannya dengan kompetensi umum. Kemudian diseleksi yang mana yang sudah ddidapat atau  yang belum didapatkan siswa.

Hasil Analisis Instruktional Pada mata pelajaran MTs Al-Hikmah Palembang pada kompetensi dasar atau TIU secara umum yaitu :

Jika diberikan penjelasan kepada siswa diharapakan Siswa dapat Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

Membaca teks descriptive dan mengidentifikasi komponen-komponen dalam descriptive. teks

Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks descriptive

Membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks.

2..3. Mengidentifikasi perilaku awal siswa dan karakteristik siswa

  1. A.  Analisis perilaku awal siswa MTs Al-Hikmah Palembang

              MTs Al-Hikmah Adalah sebuah Madrasah yang berada di Jl. SH. Wardoyo Gang Duren kelurahan 7 Ulu kecamatan seberang ulu 1 palembang. Selaku guru Bahasa Inggris di MTs Al-Hikmah , maka akan menganalis prilaku awal dan karakteristik siswaMTs Al-hikmah khususya pada kelas 7. Kelas 7 berjumlah 10 siswa  yang terdiri dari  8 perempuan dan 2 laki-laki.

Berdasarkan hasil analisis prilaku awal siswa melalui observasi penulis maka di dapat Kompetensi yang belum bisa dikuasai siswa kelas 7 MTs Al-Hikmah. Hal ini sesuai dengan urutan penyampaian yang akan dilakukan dalam  pembelajaran yaitu :

  1. Mengungkapkan kosa kata yang berhubungan dengan numbers, alphabet ,  things in the classroom, at school and at home, part of body,  clotches, fruits, animal, place, transportation
  2. Menulis kosa kata yang berhubungan dengan numbers, alphabet ,  things in the classroom, at school and at home, part of body,  clotches, fruits, animal, place, transportation dan verbs dengan benar.
  3. Mengungkapkan ungkapan-ungkapan menyapa orang yang belum dikenal dan sudah
  4. Mengungkapan ungkapan meminta, memberi informasi dan ungkapan meminta, memberi maaf
  5. Mengungkapkan  ungkapan meminta, memberi jasa, barang dan pendapat
  6. Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat
  7. Memahami makna dalam teks lisan  dalam untuk descriptive dan procedure
  8. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks yang berbentuk descriptive dan Procedure.
  9. Memahami tata bahasa seperti tenses ( present tense, present continuos dan simple past)
  10. Membuat kalimat sederhana sesuai dengan tenses

           

            Kemudian secara khusus Penulis mengambil sebuah Kompetensi dasar yaitu mengenai Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat. Kemudian di ambil tes awal melalui prilaku khusus seperti dibawah ini ;

Tabel 1.

Tes Awal yang Disesuaikan dengan Perilaku Khusus

No.

Kompetensi dasar

Perilaku Khusus

Tes Awal

1

Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

 

  1. Membaca teks descriptive dan mengidentifikasi komponen-komponen dalam descriptive.
  2. Membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang baik
  3. Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks descriptive
  4. Mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks.
 

  1. Bacalah teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik kemudian identifikasi komponen-komponen yang ada dalam teks?

 

 

Dari hasil analisis pada kelas 7 maka didapat data  seperti dibawah ini

Tabel 2.

Daftar Siswa yang Diidentifikasi dan Hasil Penilaian pada kelas 7

 

NO

Nama

Prilaku No.

Keterangan

  1 2 3 4
1 Aldi Fernando

V

X

X

X

2-4 – tidak dimilik
2 Anggun

V

X

X

X

2-4 tidak dimiliki
3 Anjas Saputra

X

X

X

X

1-4 Tidak dimiliki
4 Esti  Kurnia dewi

V

X

X

X

2-4 tidak dimiliki
5 Fitri yanti

V

X

X

X

2-4 tidak dimiliki
6 Lizatil Aliyah

V

X

X

X

2-4 tidak dimiliki
7 Maya  Milenia

X

X

X

X

1-4 tidak dimiliki
8 Purnama

V

V

X

X

3-4 tidak dimiliki
9 Reza Umami

V

X

X

X

2-4 tidak dimiliki
10 Ida Ayu

X

X

X

X

1-4  tidak dimiliki.

Kesimpulan yang dapat di ambil bahwa siswa –siswa banyak belum memahami mengenai teks descriptive dan procedure maka prilaku khusus yang diberikan akan diajarkan oleh guru dimana urutan pembeljaarannya adalah sebagai berikut :

  1. Membaca teks descriptive dan mengidentifikasi komponen-komponen dalam descriptive.
  2. Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks descriptive
  3. Membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang baik
  4. Mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks.

B. Hasil analisis Karakteristik siswa kelas 7 Mts Al-Hikmah

Dalam pengambilan data , penulis melakukan wawancara terhadap siswa kelas 7 MTs Al-Hikmah. Hasil dari wawancara tersebut yaitu :

Tabel 3

NO

NAMA SISWA

Bahasa

Sehari-hari

Pekerjaan

 orang tua

Hobi

Cita-cita

Alat Audio-visual dimiliki / digunakan

1

Aldi Fernando

Meranjat

Buruh Bermain PS Pemain Sepakbola HP, TV, Komputer, Radio

2

Anggun

Palembang

Buruh harian Menggambar Guru HP, TV, Radio

3

Anjas Saputra

Meranjat

Buruh Bermain Bola Polisi HP, PS, TV

4

Esti  Kurnia dewi

Meranjat

Buruh Membaca Guru HP, TV

5

Fitri yanti

Meranjat

Becak Bernyanyi Dokter HP, TV

6

Lizatil Aliyah

Ketapang

Buruh Membaca Guru HP, TV

7

Maya  Milenia

Palembang

Alm Bernyanyi Dokter TV , VCD

8

Purnama

Palembang

Alm Bernyanyi Artis TV, VCD

9

Reza Umami

Palembang

Buruh Menari Bidan TV, Radio, HP

10

Ida Ayu

Meranjat

Buruh Bernyanyi Dokter TV, VCD

Hasil wawancara kelas 7

Berdasarkan data dan pengamatan penulis tentang karakteristik siswa, dapat  diketahui bahwa:
a)  Lingkungan Budaya:
Lingkungan budaya yang berkembang di daerah ini adalah budaya Meranjat

b)  Pekerjaan;
Pekerjaan yang dicita-citakan: guru, polisi, dokter dan Pemain Bola serta artis

c)  Hobi dan kesenangan;

Hobi,  kesenangan para peserta pelatihan sangat beragam, namun sebagian     besar  hobi dengan cabang seni seperti menari, bernyanyi dan menggambar

d)  Bahasa yang digunakan;
Bahasa daerah setempat  Palembang, dan Bahasa Meranjat

e)  Alat-alat audio visual yang dimiliki : HP, Televisi, Radio, dan DVD.

Berdasarkan data diatas juga didapatkan bahwa siswa menyenangi hal-hal yang berkenaan dengan seni sehingga perlu dikembangankan cara menarik minat anak dalam belajar seperti sebelum belajar anak di ajak bernyanyi. Kemudian keadaan perekonomian orangtua siswa menjadi sebuah tantangan  bagi guru dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana belajar seperti kamus dan lain-lain sehingga memerlukan daya kreatif guru bagaimana kendala ekonomi tidak menghambar proses belajar mengajar.

2.4  PERUMUSAN TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS ( TIK)

       Setelah selesai menganalisis kebutuhan, menentukan TIU (Tujuan Instruksional Umum) dan mengetahui Karakteristik siswa maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat tujuan Instruksional Khusus yang di dapat dari prilaku khusus dalam analisis Instruksional.

TIK dirumuskan secara tertulis dan di informasikan kepada peserta didik sehingga peserta didik dan pengajar mempunyai pengertian yang sama tentang apa yang tercantum dalam TIK. Rumusan TIK lengkap dengan komponen A B C D          ( Audience, Behaviour, Condition dan Degree)

Rumusan TIK untuk Bahasa Inggris di MTs  Al-Hikmah berrdasarkan dari TIU dan Analisis Instruksional ada 4  Tujuan khusus Instruktional yaitu :

  1. Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.
  2. Setelah membaca teks descriptive, Siswa mendapatkan  Informasi yang terdapat dalam teks descriptive dengan benar.
  3. Setelah selesai pelajaran, Siswa dapat membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang benar.
  4. Setelah memperhatikan penjelasan guru, Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks dengan baik dan benar.

2.5  . Menyusun Tes Acuan patokan

Dalam menyusun tes acuan patokan dimaksudkan untuk mengukur tingkat penguasaan setiap siswa terhadap perilaku yang tercantum di dalam TIK                 (indikator pencapaian hasil belajar).  Tes Acuan Patokan dibuat adapun  tes yang dilakukan pada 5 TIK pada Tujuan Analisis Instruksional Khusus yaitu:

KISI-KISI INSTRUMEN

No

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

SKOR

1

 Membaca teks descriptive dan mengidentifikasi komponen-komponen dalam descriptive.

 

Tes Lisan

Membaca Teks

 

Bacalah teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik kemudian identifikasi komponen-komponen yang ada dalam teks?

 

100

2

Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks descriptive

 

Tes Tertulis

Uraian

Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan teks descriptive yang telah kamu baca?

 

100

 3. Membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Tes Lisan

Membaca Teks

Bacalah teks procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

100

4.

Mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks.

 

Tes tertulis

Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban dengan memilih a, b, c, atau d.

 

100

 

2.5. Mengembangkan Strategi Instruksional

Dalam penyusunan strategi instruksional haruslah didasarkan atas tujuan  instruksional yang akan dicapai sebagai kriteria utama. Disamping itu, penyusunan tersebut didasarkan pula atas pertimbangan lain yaitu  hambatan yang mungkin dihadapi.

Strategi  instruksional yang dibuat dalam mata Pelajaran Bahasa Inggris kompetensi ke 6 pada kemampuan membaca ini ada 4 TIK.  Masing-masing strategi  instruksional tergambar dibawah Ini :

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

TIK  1                    : Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.

Waktu                    : 2 X  40 Menit

Urutan Kegiatan pembelajaran

Garis Besar Isi

Metode

Media   & Alat

Waktu Belajar                 ( dalam Menit

1

2

3

4

5

TAHAP PENDAHULUAN

Apersepsi

Bertanya jawab mengenai Teks Descriptive

Ceramah

Gambar tentang Profesi

3

Motivasi

Menjelaskan manfaat belajar teks descriptive

Ceramah

5

Tujuan Instruktional Khusus ( TIK)

Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.

Ceramah

2

Tahap Penyajian

Eksplorasi

Membaca Teks descriptive

Ceramah

Scrip teks descriptive

20

Elaborasi

Menjelaskan bagian-bagian dari teks descriptive

Mempraktekkan membaca teks descriptive di depan kelas

Ceramah

 

 

 

Praktek

40

Konfirmasi

Guru menegaskan kembali tentang teks descriptive

Ceramah

10

TAHAP PENUTUP

Umpan Balik

Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang teks descriptive

 

10

JUMLAH WAKTU

80 Menit

Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris

TIK  2                     : Setelah membaca teks descriptive, Siswa mendapatkan  Informasi yang terdapat dalam teks descriptive dengan benar.

Waktu                : 2 X  40 Menit

Urutan Kegiatan pembelajaran Garis Besar Isi Metode Media   & Alat Waktu Belajar                 ( dalam Menit
1 2 3 4 5
TAHAP PENDAHULUAN
Apersepsi Bertanya jawab mengenai pelajaran sebelumnya Ceramah

3

Motivasi Menjelaskan manfaaat yang didapat dengan belajar bahasa inggris Ceramah

5

Tujuan Instruktional Khusus ( TIK) Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.

2

Tahap Penyajian
Eksplorasi Mengartikan teks descriptive Kamus Bahasa Inggris

20

Elaborasi –          Melakukan tanya Jawab menggunakan tongkat

–    Menjawab pertanyaaan seacara tertulis sesuai dengan Teks

Bermain

 

 

40

Konfirmasi Membahas hasil jawaban Peserta didik dengan jawaban yang benar  

10

TAHAP PENUTUP
Umpan Balik Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang teks descriptive ceramah

10

JUMLAH WAKTU

80 Menit

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

TIK  3                     :Setelah selesai pelajaran, Siswa dapat membaca Teks   berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang benar.

Waktu                    : 2 X  40 Menit

Urutan Kegiatan pembelajaran

Garis Besar Isi

Metode

Media   & Alat

Waktu Belajar                 ( dalam Menit

1

2

3

4

5

TAHAP PENDAHULUAN
Apersepsi Bertanya jawab mengenai Teks Procedure

Ceramah

Gambar

3

Motivasi Menjelaskan manfaat belajar teks procedure

Ceramah

5

Tujuan Instruktional Khusus ( TIK) Setelah selesai pelajaran, Siswa dapat membaca Teks   berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang benar

Ceramah

2

Tahap Penyajian
Eksplorasi Membaca Teks descriptive

Ceramah

20

Elaborasi Peserta didik mengamati cara membaca dengan menggunakan Kamus bahasa Inggris

Praktek membaca teks procedure didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang baik

Latihan

40

Konfirmasi Guru memberikan pembenaran kembali  jika ada kata yang salah diucapkan Ceramah

10

TAHAP PENUTUP
kesimpulan Guru menyimpulkan mengenai teks procedure Ceramah

10

JUMLAH WAKTU

80 Menit

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

TIK  4                     :Setelah memperhatikan penjelasan guru, Siswa dapat      mengidentifikasi karakteristik dari   procedure teks dengan baik dan benar.

Waktu                    : 2 X  40 Menit

Urutan Kegiatan pembelajaran

Garis Besar Isi

Metode

Media   & Alat

Waktu Belajar                 ( dalam Menit

1

2

3

4

5

TAHAP PENDAHULUAN
Apersepsi Menghubungkan persepsi awal siswa terhadap pelajaran sebelumnya yang berhubungan dengan ‘procedure Text Ceramah

3

Motivasi Memberi tahu manfaat belajar procedure text Ceramah

5

Tujuan Instruktional Khusus ( TIK) Setelah memperhatikan penjelasan guru, Siswa dapat      mengidentifikasi karakteristik dan memahami  procedure teks dengan baik dan benar.

2

Tahap Penyajian
Eksplorasi Menjelaskan materi procedure Text Ceramah

20

Elaborasi Peserta didik mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam procedure text

Peserta didik memahami Procedure Text

Melakukan Tanya jawab mengenai procedure Text

Peserta didik menjawab soal pilihan gandar berdasarkan text procedure

Praktek dan latihan

40

Konfirmasi Guru dan siswa membahas hasil dari latihan teks procedure

Guru memberikan penegasan kembali tentang materi teks procedure

Ceramah

10

TAHAP PENUTUP
kesimpulan Peserta didik menyimpulkan materi tentang teks procedure.

ceramah

10

JUMLAH WAKTU

80 Menit

2.7.  PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

Pengembangan Bahan Ajar adalah  mengembangkan bahan instruksional berdasarkan strategi instruksional dan tes yang telah disusun. Bahan Instruksional dalam TIU mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 7 MTs Al-Hkmah yaitu “Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”  Berdasarkan TIU diatas terdapat 5 TIK yang bisa menjadi materi bahan ajar dalam mengajarkan TIU di sekolah. Adapun bahan ajar yang dapat dikembangkan. Bahan ajar sesuai dengan TIU adalah sebagai berikut :

Contoh Bahan Ajar              :

Standar Kompetensi             :                

Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

Kompetensi Dasar                 :

Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

Materi Ajar                             :

  1. 1.      Descriptive Text

Descriptive text  is a text that describes the features of someone. Something or a certain place. ( teks yang menjelaskan, menggambarkan seseorang atau suatu benda.atau tempat).

Generic Structure Dalam Descriptive Text ( Komponen-komponen yang terdapat dalam descriptive text)

  1. Identification : berisi tentang identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
  2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang hal / seseorang dengan menyebutkan beberapa sifatnya.

The Example of Descriptive text

The Vobulary of the Text :

  1. Farmer                         : Petani
  2. The Rainy season        : Musim Hujan
  3. Rice Field                    : Sawah
  4. Harvest                        : Memanen
  5. Crops                           : Tanaman
  6. Ploughs                       : Membajak
  7. Livestock                    : Ternak

 

 

 

2. Procedure Text

The Definition of Procedure Text

Ada tiga definisi “umum” mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, dapat kita garis bawahi bahwa procedure text adalah (1) Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan pedoman instruksi / penggunaan. contoh : cara menggunakan video, komputer, mesin fotokopi, fax dll. (2) Teks yang menunjukan cara melakukan aktifitas tertentu. contoh : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara. (3) Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. contoh : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe.

Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

Generic structure of procedure text

Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :

(1) Goal (Maksud atau tujuan)

(2) Material Needed (Materi / alat / bahan yang dibutuhkan)

(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

Catatan : Pada procedure text yang berupa How-to (“Pokoknya berjudul how to”), kadang material needed (materi yang dibutuhkan) tidak disertakan.

CONTOH PROCEDURE TEXT –

 

Uji Kompetensi :

  1. 1.      Read the descriptive text correctly and Identify the characteristic of the text!
  1. 2.      Answer These Questions Below based on the Text

1.What is the Farm like during the rainy season?

  1. What is the colour of the rice field in the rainy season?

3. When does Mr. Karto Workday end?

4. When does Mr. Kartolo plought the land?

5. Who is the Mr. Kartolo? Please describe.

3.  Read the procedure text correctly

How to Make Cheese Omelette

Ingredients :

1 egg, 50 g cheese, 1 cup milk, 3 table spoons cooking oil,

a pinch of salt and pepper.

Utensils you need :

Frying pan, fork, spatula, cheese grater, bowl, plate.

How to make it :

1. Crack an egg into a bowl.

2. Whisk the egg with a fork until it is smooth.

3. Add milk and whisk well.

4. Grate the cheese into the bowl and stir.

5. Heat the oil in a frying pan.

6. Pour the mixture into the frying pan.

7. Turn the omelette with a spatula when it browns.

8. Cook both sides.

9. Place on a plate, spread salt and pepper.

10. Eat while warm.

  1. Identify the characteristic of the text Above

4.  choose the a. b. c. or d based on the procedure text Below

 

Pertanyaan :  Choose a, b, c, or d based on the procedure text :

 

1. What is kind of the text above?

a. Narrative.            b. Recount.                  c. Monologue.    d. Procedure.

2. How many tomatoes are needed for tomato soup?

a. 4 large tomatoes  b. 4 small tomatoes     c. 1 large tomato    d. 1 small tomato

3. How much water is needed for tomato soup?

a. 1 cup of water    b. 8 cups of water      c. 5 cups of water    d. 2 cups of water

4. After frying the ingredients in a pan what is the next step?

a. Turn down the heat.                                b. Heat until the water boils.

c. Add water, spices, salt, and pepper.       d. Cook for one hour.

5. What is the last step when making tomato soup?

a. Cook for one hour.                                      b. Fry the ingredients in a pan.

c. Heat until the water boils.                           d. Put stock into a pan.

 

How To make a cup of Coffee

You will need a spoonful of sugar. A teaspoon of coffee and some water.

  1. a.       First boil some water in the kettle
  2. b.      Then, Put a teaspoon of coffee into a cup
  3. c.       Add a spoonful of sugar
  4. d.      Fill in the cup with boiling water
  5. e.      Finally, stir the mixture for a moment and the coffee is ready to serve.

6. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  How Much coffee do you need?

a. A teaspoon               b. A kettle                    c. A cup           d. A spoonfull

7. What should you do to the water?

a. boil                          b. mix                          c. Stir               d. Pour

8. What should you do to make the coffee sweet?

a. Add some water                  b. Add some coffee

            c. Add some sugar                   d. Add some honey

 

Some celery

I ounce garlic

I ounce onion

I kg Chicken

¼ kg tomato

1/4carrot

I pack of salt

9.

                                                How much garlic does the writer want to buy?

  1. Four ounces                       c. two ounces
  2. Three ounces                     d. one ounces.

10.                                                         Form the shopping list we know that the writer probably   want to cook?

a. Chicken curry                      c. Chicken Soup

b. Black Forest             d. Fruit Salad

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawaban dari Tes formatif :

 

Descriptive Text        :

1. The rainy season makes The farm beautiful.

2.The rice become fresh and green

3. Mr Karto finishes at noon.

4. Mr. Karto Plought the land    at the beginning of the rainy season

5.  Mr. Kartolo is the farmer in the rice field.

 

Procedure Text          :

Goal / Purpose           : How to Make Cheese Omelette

Material                     : 1 egg, 50 g cheese, 1 cup milk, 3 table spoons cooking   oil, a pinch of salt and pepper.

Steps                           :  

1. Crack an egg into a bowl.

2. Whisk the egg with a fork until it is smooth.

3. Add milk and whisk well.

4. Grate the cheese into the bowl and stir.

5. Heat the oil in a frying pan.

6. Pour the mixture into the frying pan.

7. Turn the omelette with a spatula when it browns.

8. Cook both sides.

9. Place on a plate, spread salt and pepper.

10. Eat while warm.

Kunci Jawaban soal Pilihan Ganda

 

1.        D                     6. A

2.        A                     7. A

3.        B                      8.  A

4.        C                      9.  D

5.        A                     10. C

                                         

 

2.8  MENYUSUN DESAIN DAN MELAKSANAKAN EVALUASI FORMATIF

Setelah melakukan langkah-langkah dari menganalisis kebutuhan sampai dengan mengembangkan bahan Ajar. Maka selanjutnya Guru hendaklah menyusun desain pembelajaran. Adapun Hasil Desain yang telah dibuat seperti dibawah Ini :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : MTs Al-Hikmah Palembang

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                      : VII / II

Alokasi Waktu                        : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi                     :

 Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

  1. Kompetensi Dasar                        :

Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

  1.   Indikator                                     :

Membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik dan mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam teks Descriptive

  1. D.   Tujuan Pembelajaran                  :

Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.

E.Materi Pembelajaran     : Descriptive Text

            Descriptive text  is a text that describes the features of someone. Something or a certain place. ( teks yang menjelaskan, menggambarkan seseorang atau suatu benda.atau tempat).

            Generic Structure Dalam Descriptive Text ( Komponen-komponen yang terdapat dalam descriptive text)

  1. Identification : berisi tentang identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
  2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang hal / seseorang dengan menyebutkan beberapa sifatnya.

The Example of Descriptive text

 The Vobulary of the Text :

1.Farmer                   : Petani                        5. The Rainy season    : Musim Hujan

2. Rice Field             : Sawah                       6. Harvest                    : Memanen

  1. Crops                   : Tanaman                   7. Ploughs                    : Membajak

1.Livestock              : Ternak

  1. Metode Pembelajaran :   Ceramah, Tanya Jawab, Praktek dan Latihan
  2.  Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan Awal  ( waktu 10 Menit):

Apersepsi :

  • Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Motivasi :

  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
  1. Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)
  2. Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )

1. Guru Membagikan Script yang berisi tentang Teks Descriptive

2. Peserta Didik membaca Teks Descriptive secara bergantian

3  Guru membaca. teks Descriptive kemudian diikuti oleh peserta Didik

B. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

  1. Peserta didik mendengarkan Penjelasan mengenai teks descriptive

2.  Melakukan tanya jawab  tentang komponen-komponen  yang terdapat

dalam teks descriptive.

3. Peserta didik praktik membaca di depan kelas satu persatu tentang teks descriptive.

C. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

1. Guru memberikan penegasn tentang teks descriptive dan komponen-komponen yang terdapat dalam Teks descriptive.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

Guru dan siswa  menyimpulkan tentang materi teks descriptive.

G. Alat , Bahan / Sumber Belajar : 

  1. Script Text descriptive
  2.  Buku English On Focus for grade VII  Hal. 113 Penerbit. BSE

H. PENILAIAN

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

Membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik dan mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam teks Descriptive

 

Tes Lisan

Membaca Teks

 

Bacalah teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik kemudian identifikasi komponen-komponen yang ada dalam teks?

 

Pedoman Penilaian :

Aspek yang dinilai

Very Good

Good

Enough

1. Pronounciation    ( 25)
  1. 2.  Ekspression         ( 25)
  1. 3.  Intonation            ( 25)
  1. 4.  Sound                   ( 25)

 

Mengetahui,                                                    Palembang, 26 Mei 2013

Kepala Madrasah,                                               Guru Mata pelajaran,

Rahmad Irwani, S.H.I                                       Ria Arini, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : MTs Al-Hikmah Palembang

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                      : VII / II

Alokasi Waktu                        : 2 x 40 Menit

Standar Kompetensi             :

 Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

Kompetensi Dasar

Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

Indikator                                     :

Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks Descriptive dengan benar

Tujuan Pembelajaran                :

Setelah membaca teks descriptive, Siswa mendapatkan  Informasi yang terdapat dalam teks descriptive dengan benar

Materi Pembelajaran     :

Descriptive text

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The Vobulary of the Text :

1.Farmer                     : Petani                         2. The Rainy season: Musim Hujan

3. Rice Field                : Sawah                       4. Harvest                    : Memanen

5.  Crops                      : Tanaman                   7.. Ploughs                   : Membajak

1.Livestock                 : Ternak

Metode Pembelajaran    : Ceramah, Games , Latihan

Model pembelajaran       : Talking Stick

  1. I.  Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan Awal  ( waktu 10 Menit):

Apersepsi :

  • Tanya jawab mengenai pelajaran yang dipelajari sebelumnya

Motivasi :

  • Menjelaskan Tujuan pembelajaran pada peserta didik
  1. 2.   Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)
    1. Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )

1. Guru meminta peserta didik membaca kembali teks descriptive yang telah     dipelajari minggu sebelumnya.

2.  Peserta Didik mengartikan  Teks descriptive ke dalam Bahasa Indonesia

B. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

1.   Guru dan Siswa memahami isi dalam teks descriptive secara tanya jawab

2.   Guru meminta siswa membaca dan mengingat kembali isi dalam teks

3. Guru menjelaskan prosedur penggunakan tongkat berjalan

4. Guru menyuruh siswa membuat lingkaran,

5. Tongkat diberikan kepada peserta didik secara berekliling dengan diikuti sebuah lagu jika lagu berhenti maka yang mendapat tongkat diberikan sebuah pertanyaan yang sesuai dengan teks.

6. Peserta didik menjawab soal secara tertulis sesuai dengan teks descriptive yang telah dipelajari.

C. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

1. Guru dan siswa bersama-sama membahas jawaban dari pertanyaaan berdasarkan teks descriptive

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan infromasi yang telah didapat dari    teks.

  1. 3.      Alat , Bahan / Sumber Belajar : 
    1. Script Text descriptive
    2.  Buku English On Focus for grade VII  Hal. 113 Penerbit. BSE
    3. Tongkat untuk Media Pembelajaran
    4. Gambar
    5. 4.      PENILAIAN

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks Descriptive dengan benar Tes tertulis

 

Uraian

 

What is the Farm like during the rainy season? the rainy season makes The farm beautiful.

2.  What is the colour of the rice field in the rainy season?

3. When does Mr. Karto Work day end?

4. When does Mr. Kartolo plought the land?

5. Who is the Mr. Kartolo? Please describe

  • § Rubrik Penilaian

Uraian

Skor

Jawaban benar

Jawaban kurang tepat

Jawaban salah

20

10

0

 

Kunci Jawaban :

1.The rainy season makes The farm beautiful.

2. The rice become fresh and green

3. Mr Karto finishes at noon.

4. Mr. Karto Plought the land at the beginning of the rainy season                                               5. Mr. Kartolo is the farmer in the rice field.

 

Mengetahui,                                                    Palembang, 26 Mei 2013

Kepala Madrasah,                                               Guru Mata pelajaran,

Rahmad Irwani, S.H.I                                       Ria Arini, S.Pd

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : MTs Al-Hikmah Palembang

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                      : VII / II

Alokasi Waktu                        : 4 x 40 Menit

Standar Kompetensi             :

      Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

Kompetensi Dasar                 :

   Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam  esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks  berbentuk descriptive/procedure

Indikator                                :

  1. Membaca teks procedure dengan Lafal dan intonasi yang baik
  2.  Mengidentifikasi Karakteristik dalam procedure Text dengan baik dan Benar

Tujuan Pembelajaran           :

  1. Setelah selesai pelajaran, Siswa dapat membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang benar.
  2. Setelah memperhatikan penjelasan guru, Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks dengan baik dan benar.

 

 

 

 

Materi Pembelajaran : Teks Procedure

Pertemuan 1 :

        

Pertemuan II.

PENGERTIAN PROCEDURE TEXT

Ada tiga definisi “umum” mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, dapat kita garis bawahi bahwa procedure text adalah (1) Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan pedoman instruksi / penggunaan. contoh : cara menggunakan video, komputer, mesin fotokopi, fax dll. (2) Teks yang menunjukan cara melakukan aktifitas tertentu. contoh : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara. (3) Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. contoh : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe.

Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

Generic structure of procedure text

Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :

(1) Goal (Maksud atau tujuan)

(2) Material Needed (Materi / alat / bahan yang dibutuhkan)

(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

Metode Pembelajaran          :   Ceramah, Tanya Jawab,

Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan I :

a. Kegiatan Awal  ( waktu 10 Menit):

Apersepsi :

      Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Motivasi :

Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasai siswa

B.Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)

  1. a.      Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )
  • Guru Membagikan Script yang berisi tentang Teks procedure
  • Peserta Didik membaca Teks Procedure secara bergantian
  • Guru membaca. teks procedure  kemudian diikuti oleh peserta Didik

b. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

  • Peserta didik menganalisa cara membaca setiap kata dalam teks dengan melihat Kamus Bahasa Inggris.
  • Guru dan siswa membaca Kata dan kalimat sesuai dengan Pronounciation
  • Peserta didik praktik membaca di depan kelas satu persatu tentang teks procedure

c. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

  • Guru memberikan konfirmasi cara membaca yang benar jika masih terjadi keasalahan oleh peserta didik.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

      Guru dan siswa  menyimpulkan tentang materi teks procedure.

Pertemuan ke II

  1. A.    Kegiatan Awal ( 10 Menit)

Apersepsi :

Melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan apa yang akan dipelajari

Motivasi :

Memberi informasi kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

B.Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)

a.   Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )

•     Guru menjelaskan mengenai Procedure Text

b. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

•     Peserta didik Mengidentifikasi ciri dari Teks Procedure

•     Guru menunjukkan beberapa Teks kemudian meminta siswa mencari teks procedure.

•    Peserta dididk melakukan tanya jawab mengenai isi dari teks procedure yang didapatkan.

  • Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat di didalam Teks procedure

c. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

•     Guru memberikan penguatan kembali tentang Teks Procedure.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

      Guru dan siswa  menyimpulkan tentang materi teks procedure.

  1. 5.      Alat , Bahan / Sumber Belajar : 
  • Script beberapa Text procedure
  •  Buku English On Focus for grade VII  Hal. 117  Penerbit. BSE
  • Kamus Bahasa Inggris
  1. 6.      PENILAIAN

Pertemuan I

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

Pertemuan I

Membaca teks procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Pertemuan II

Mengidentfikasi  karakteristik pada teks procedure

Tes Lisan

Tes Tertulis

Membaca Teks

Pilihan Ganda

Dan menyusun teks prosedure

Bacalah teks procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan memilih a, b ,c or d

 

Rubrik Penilaian

Pertemuan I:

Aspek yang dinilai

Very Good

Good

Enough

  1. 1.      Pronounciation    ( 25)
     
  1. 2.    Ekspression         ( 25)
     
  1. 3.    Intonation            ( 25)
     
  1. 4.   Sound                   ( 25)
     

Pertemuan ke II

Pertanyaan :  Choose a, b, c, or d based on the procedure text :

1. What is kind of the text above?

a. Narrative.                b. Recount.                  c. Monologue.    d. Procedure.

2. How many tomatoes are needed for tomato soup?

a. 4 large tomatoes      b. 4 small tomatoes     c. 1 large tomato    d. 1 small tomato

3. How much water is needed for tomato soup?

a. 1 cup of water         b. 8 cups of water       c. 5 cups of water    d. 2 cups of water

4. After frying the ingredients in a pan what is the next step?

a. Turn down the heat.                                b. Heat until the water boils.

c. Add water, spices, salt, and pepper.                   d. Cook for one hour.

5. What is the last step when making tomato soup?

a. Cook for one hour.                                      b. Fry the ingredients in a pan.

c. Heat until the water boils.                           d. Put stock into a pan.

How To make a cup of Coffee

You will need a spoonful of sugar. A teaspoon of coffee and some water.

  1. f.        First boil some water in the kettle
  2. g.       Then, Put a teaspoon of coffee into a cup
  3. h.      Add a spoonful of sugar
  4. i.        Fill in the cup with boiling water
  5. j.        Finally, stir the mixture for a moment and the coffee is ready to serve.

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  How Much coffee do you need?

a. A teaspoon              b. A kettle                   c. A cup           d. A spoonfull

7. What should you do to the water?

a. boil                          b. mix                          c. Stir               d. Pour

8. What should you do to make the coffee sweet?

a. Add some water                 b. Add some coffee

c. Add some sugar                  d. Add some honey

 

  1. 8.       

Some celery

I ounce garlic

I ounce onion

I kg Chicken

¼ kg tomato

1/4carrot

I pack of salt

                                           How much garlic does the writer want to buy?

  1. Four ounces                       c. two ounces
  2. Three ounces                     d. one ounces.

10.                                       Form the shopping list we know that the writer probably want to cook?

a. Chicken curry                      c. Chicken Soup

b. Black Forest                        d. Fruit Salad

  • Rubrik Penilaian

Uraian

Skor

Pilihan Ganda

Jawaban benar

Jawaban salah

 

10

0

Kunci Jawaban :

1.   D               2.A      3.B      4.C      5.A     

6. A                 7. A     8.  A    9.  D    10. C

 

Mengetahui,                                                   Palembang, 26 Mei 2013

Kepala Madrasah,                                            Guru Mata pelajaran,

 

Rahmad Irwani, S.H.I                                       Ria Arini, S.Pd

 

TAHAP EVALUASI RPP.

Pada evaluasi Formatif  produk RPP yang telah dibuat. Evaluasi dilakukan pada 3 Tahap yaitu

  1. Tahap Review oleh Ahli
  2. Tahap One to One
  3. Tahap Smallgroup

Hasil evaluasi adalah sebagai berikut :

  1. 1.   Tahap Review oleh Ahli:

Review oleh ahli dalam hal ini dilakukan oleh guru Bahasa Inggris yang lebih senior dan telah berpengalaman dalam menyusun sebuah RPP. Saran yang diberikan yaitu :

Dalam sebuah Indikator tidak boleh menggunakan kata dan harus fokus ke dalam 1 bahasan sehingga kata dan dibentuk menjadi 2 Indikator seperti dibawah Ini :

Sebelum Direvisi

Sesudah Di revisi

Membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik dan mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam teks Descriptive
  1. Membaca teks  Descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik
  2. Mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam teks descriptive

Kemudian untuk TIK dari setelah pelajaran selesai diganti dengan setelah mendengarkan penjelasan Guru

Sebelum Direvisi Sesudah Di revisi
Setelah pelajaran selesai, siswa dapat membaca dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar
  1. Setelah mendengarkan penjelasan Guru siswa dapat membaca teks descriptive dengan baik dan benar.
  2. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.

Untuk menilai kemampuan membaca menggunakan pedoman peniliain seperti dibawah ini :

Sebelum Revisi

Aspek yang dinilai

Very Good

Good

Enough

  1. Pronounciation    ( 25)
  1. Ekspression         ( 25)
  1. Intonation            ( 25)
  1. Sound                   ( 25)

Sesudah Revisi

No

Aspek Penilaian

Bobot

1

Pronounciation

25

2

Intonation

25

3

Fluency

25

4

Voice

25

  1. Untuk Pembahasan  dalam pokok bahasan yang sama dibuat 1 RPP namun dibuat beberapa pertemuan saja. Sehingga dari RPP sebelumnya ada 2 RPP namun materi yang digunakan masih sama maka dibuat ke dalam 1 RPP.

Evaluasi one to one

Evaluasi one-to one yaitu meminta  tiga orang siswa (pintar, sedang dan bawah) untuk melihat Bahan Ajar , menurut yang pintar Bahan ajar yang telah tersusun dengan rapi.  Menurut yang sedang materi pada teks procedure materinya fokus ke dalam 1 atau 2 teks saja sehingga tidak membingungkan siswa.  Sedangkan yang Bawah menilai bahan ajar telah rapi.

Evaluasi Small Group

Evaluasi small group dilakukan pada 3-5 orang siswa yang tidak termasuk dari tiga siswa pada evaluasi satu-satu. Menurut mereka bahan ajar gambar terlalu kecil sehingga tulisannya kurang jelas.

 

HASIL PRODUK ANALISIS  INSTRUKSIONAL

DI MTS AL_HIKMAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                   : MTs Al-Hikmah Palembang

Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                : VII / II

Alokasi Waktu                  : 6 x 40 Menit

  1. A.    Standar Kompetensi             :

 Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

  1. Kompetensi Dasar                 :

Merespon makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan Terdekat

  1.   Indikator                                          :
  1. Membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik
  2. Mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam teks Descriptive
  3. Mendapatkan Informasi yang terdapat dalam teks Descriptive dengan benar
  4. Setelah mendengarkan penjelasan Guru, siswa dapat membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik
  5. Setelah mendengarkan Penjelasan guru , siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam descriptive teks dengan baik dan benar.
  6. Setelah Memahami teks descriptive, Siswa mendapatkan infromasi yang terdapat dalam teks descriptive dengan benar.
  1.   Tujuan Pembelajaran                     :
  1. Materi Pembelajaran     :

     Descriptive Text

  1. 1.      Descriptive text  is a text that describes the features of someone. Something or a certain place. ( teks yang menjelaskan, menggambarkan seseorang atau suatu benda.atau tempat).
  2. 2.      Generic Structure Dalam Descriptive Text (Komponen-komponen yang terdapat dalam descriptive text)
    1. Identification : berisi tentang identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
    2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang hal / seseorang dengan menyebutkan beberapa sifatnya.
    3. 3.      The Example of Descriptive text

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The Vobulary of the Text :

Farmer                            : Petani

The Rainy season            : Musim Hujan

Rice Field                        : Sawah

Harvest                            : Memanen

Crops                               : Tanaman

Ploughs                           : Membajak

Livestock                       : Ternak

  1. Metode Pembelajaran :   Ceramah,
    1. G.  Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1

  1. Kegiatan Awal  (10 Menit):

Apersepsi :

  • Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Motivasi :

  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
  1. Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)
    1. Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )

1. Guru Membagikan Script yang berisi tentang Teks Descriptive

2.  Peserta didik membuka kamus untuk mencari cara baca yang benar

3. Peserta Didik membaca Teks Descriptive secara bergantian

b . Elaborasi ( waktu  45 Menit )

1.  Guru membaca. teks Descriptive kemudian diikuti oleh peserta Didik

2. Guru dan siswa membaca Kata dan kalimat sesuai dengan Pronounciation.

3.  Peserta didik praktik membaca di depan kelas satu persatu tentang teks descriptive.

c. Konfirmasi

Guru memberikan konfirmasi cara membaca yang benar jika masih terjadi keasalahan oleh peserta didik.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

Guru dan siswa  membaca teks dengan lafal dan intonasi dengan baik dan benar.

Pertemuan ke II

Kegiatan Inti :

Kegiatan Awal

Apersepsi :  Guru menunjukkan Gambar yangt berhubungan dengan teks Descriptive

Motivasi       :Guru memberikan penjelasan manfaaat belajar teks descriptive yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari

  1. Kegiatan Inti  ( 60 Menit)

Eksplorasi :     ( 20)

  1. Peserta didik membaca Teks descriptive yang telah dipelajari sebelumnya
  2. Peserta didik mendengarkan penjelasan Guru mengenai teks descriptive

Elaborasi    :    (30)

  1. Peserta didik mengidentfikasi komponen-komponen yang terdapat dalam teks descriptive.
  2. Peserta didik mencari teks descriptive yang telah disiapkan oleh guru dari sebuah kotak yang berisi macam-macam teks.
  3. Peserta didik menuliskan komponen teks descriptive sesuai dengan teks yang didapatkan masing-masing Siswa.

Konfirmasi :      (10)

  1. guru mengkonfirmasi hasil identifikasi peserta didik ktentang teks descriptive.

Kegiatan Penutup.

Guru dan siswa menyimpulkan materi peljaaran teks descriptive.

Pertemuan III

Kegiatan Awal  ( waktu 10 Menit):

Apersepsi :

  • Tanya jawab mengenai pelajaran yang dipelajari sebelumnya

Motivasi :

  • Menjelaskan Tujuan pembelajaran pada peserta didik

Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)

  1. a.      Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )
  2. Guru meminta peserta didik membaca kembali teks descriptive yang telah     dipelajari minggu sebelumnya.
  3. Peserta Didik mengartikan  Teks descriptive ke dalam Bahasa Indonesia

 

b. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

  1. Guru dan Siswa memahami isi dalam teks descriptive secara tanya jawab
  2. Guru meminta siswa membaca dan mengingat kembali isi dalam teks
  3. Guru menjelaskan prosedur penggunakan tongkat berjalan
  4. Guru menyuruh siswa membuat lingkaran,
  5. Tongkat diberikan kepada peserta didik secara berekliling dengan diikuti sebuah lagu jika lagu berhenti maka yang mendapat tongkat diberikan sebuah pertanyaan yang sesuai dengan teks.
  6. Peserta didik menjawab soal secara tertulis sesuai dengan teks descriptive yang telah dipelajari.

c. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

1. Guru dan siswa bersama-sama membahas jawaban dari pertanyaaan berdasarkan teks descriptive

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan infromasi yang telah didapat dari    teks.

  1. J.      Alat , Bahan / Sumber Belajar : 
    1. Script Text descriptive
    2. Buku English On Focus for grade VII  Hal. 113 Penerbit. BSE
    3. Kamus Bahasa Inggris
    4. Tongkat
  1. PENILAIAN

Indikator

Teknik

Bnetuk

Instrumen

Membaca teks descriptive dengan lafal dan intonasi yang baik

 

Tes Lisan Membaca teks  Bacalah teks berbentuk descriptive
Mengidentifikasi Komponen-komponen yang ada dalam teks Descriptive

Teks Tertulis

Menganalisa

Carilah teks descriptive di dalam kotak kemudiann identifikasi komponen-komponen dalam teks descriptive

 

Mendapatkan informasi dalam teks descriptive

Tes tertulis

Uraian

-What is the Farm like during the rainy season? the rainy season makes The farm beautiful.

2.What is the colour of the rice field in the rainy season?

3. When does Mr. Karto Work day end?

4. When does Mr. Kartolo plought the land?

5. Who is the Mr. Kartolo? Please describe

Pedoman Penilaian

Pertemuan 1

No Aspek Penilaian Bobot
1 Pronounciation 25
2 Intonation 25
3 Fluency 25
4 Voice 25

 Pertemuan II

NO   SKOR
1  Dapat menemukan 2 Teks descriptive

50

2 Dapat mengidentifikasi Komponen dalam 2 teks descriptive

50

Pertemuan III.

  • Rubrik Penilaian
Uraian Skor
Jawaban benar

Jawaban kurang tepat

Jawaban salah

20

5

0

 

kunci Jawaban :

  1. The rainy season makes The farm beautiful.   2. The rice become fresh and green  3.  Mr Karto finishes at noon.

4. Mr. Karto Plought the land at the beginning of the rainy season                                               5. Mr. Kartolo is the farmer in the rice field.

Mengetahui,                                                          Palembang, 26 Mei 2013

Kepala Madrasah,                                                 Guru Mata pelajaran,

Rahmad Irwani, S.H.I                                           Ria Arini, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : MTs Al-Hikmah Palembang

Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                : VII / II

Alokasi Waktu                  : 4 x 40 Menit

  1. A.    Standar Kompetensi       :

 Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat”

  1. B.     Kompetensi Dasar           :

Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam  esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks  berbentuk descriptive/procedure

  1. C.    Indikator                          :
    1. Membaca teks procedure dengan Lafal dan intonasi yang baik
    2.  Mengidentifikasi Karakteristik dalam procedure Text dengan baik dan Benar
    3. Tujuan Pembelajaran     :
      1. Setelah mendengarkan penjelasan Guru, Siswa dapat membaca Teks berbentuk Procedure dengan lafal dan intonasi yang benar.
      2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik dalam procedure teks dengan baik dan benar.

 

 

 

 

 

Materi Pembelajaran : Teks Procedure

Pertemuan 1 :

        

Pertemuan II.

PENGERTIAN PROCEDURE TEXT

Ada tiga definisi “umum” mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, dapat kita garis bawahi bahwa procedure text adalah (1) Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan pedoman instruksi / penggunaan. contoh : cara menggunakan video, komputer, mesin fotokopi, fax dll. (2) Teks yang menunjukan cara melakukan aktifitas tertentu. contoh : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara. (3) Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. contoh : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe.

Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

Generic structure of procedure text

Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :

(1) Goal (Maksud atau tujuan)

(2) Material Needed (Materi / alat / bahan yang dibutuhkan)

(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

E. Metode Pembelajaran          :   Ceramah, Tanya Jawab,

F.Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan I :

a. Kegiatan Awal  ( waktu 10 Menit):

Apersepsi :

Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Motivasi :

Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasai siswa

B.Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)

  1. a.      Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )
  • Guru Membagikan Script yang berisi tentang Teks procedure
  • Peserta Didik membaca Teks Procedure secara bergantian
  • Guru membaca. teks procedure  kemudian diikuti oleh peserta Didik

b. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

  • Peserta didik menganalisa cara membaca setiap kata dalam teks dengan melihat Kamus Bahasa Inggris.
  • Guru dan siswa membaca Kata dan kalimat sesuai dengan Pronounciation
  • Peserta didik praktik membaca di depan kelas satu persatu tentang teks procedure

c. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

  • Guru memberikan konfirmasi cara membaca yang benar jika masih terjadi keasalahan oleh peserta didik.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

      Guru dan siswa  menyimpulkan tentang materi teks procedure.

Pertemuan ke II

  1. Kegiatan Awal ( 10 Menit)

Apersepsi :

Melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan apa yang akan dipelajari

Motivasi :

Memberi informasi kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

B.Kegiatan Inti  ( waktu  60 Menit)

a.   Eksplorasi (  waktu 20 Menit   )

•     Guru menjelaskan mengenai Procedure Text

b. Elaborasi ( waktu  40 Menit )

•     Peserta didik Mengidentifikasi ciri dari Teks Procedure

•     Guru menunjukkan beberapa Teks kemudian meminta siswa mencari teks procedure.

•    Peserta dididk melakukan tanya jawab mengenai isi dari teks procedure yang didapatkan.

  • Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat di didalam Teks procedure

c. Konfirmasi  ( waktu 10 Menit)

•     Guru memberikan penguatan kembali tentang Teks Procedure.

3. Kegiatan Akhir ( Waktu 10 Menit)

      Guru dan siswa  menyimpulkan tentang materi teks procedure.

  1. G.    Alat , Bahan / Sumber Belajar : 
  • Script beberapa Text procedure
  •  Buku English On Focus for grade VII  Hal. 117  Penerbit. BSE
  • Kamus Bahasa Inggris
  1. H.    PENILAIAN

Pertemuan I

Indikator Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
Pertemuan I

Membaca teks procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Pertemuan II

Mengidentfikasi  karakteristik pada teks procedure

Tes Lisan

Tes Tertulis

Membaca Teks

Pilihan Ganda

Dan menyusun teks prosedure

Bacalah teks procedure dengan lafal dan intonasi yang baik

Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan memilih a, b ,c or d

 

 

Rubrik Penilaian

Pertemuan I:

No Aspek Penilaian Bobot
1 Pronounciation 25
2 Intonation 25
3 Fluency 25
4 Voice 25

 

Pertemuan ke II

Pertanyaan :  Choose a, b, c, or d based on the procedure text :

1. What is kind of the text above?

a. Narrative.                      b. Recount.                  c. Monologue.    d. Procedure.

2. How many tomatoes are needed for tomato soup?

a. 4 large tomatoes            b. 4 small tomatoes     c. 1 large tomato    d. 1 small tomato

3. How much water is needed for tomato soup?

a. 1 cup of water   b. 8 cups of water       c. 5 cups of water    d. 2 cups of water

4. After frying the ingredients in a pan what is the next step?

a. Turn down the heat.                          b. Heat until the water boils.

c. Add water, spices, salt, and pepper.             d. Cook for one hour.

5. What is the last step when making tomato soup?

a. Cook for one hour.                                            b. Fry the ingredients in a pan.

c. Heat until the water boils.                                 d. Put stock into a pan.

How To make a cup of Coffee

You will need a spoonful of sugar. A teaspoon of coffee and some water.

a)      First boil some water in the kettle

b)      Then, Put a teaspoon of coffee into a cup

c)       Add a spoonful of sugar

d)      Fill in the cup with boiling water

e)      Finally, stir the mixture for a moment and the coffee is ready to serve.

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  How Much coffee do you need?

a. A teaspoon              b. A kettle                   c. A cup           d. A spoonfull

7. What should you do to the water?

a. boil                          b. mix                          c. Stir               d. Pour

8. What should you do to make the coffee sweet?

a. Add some water                 b. Add some coffee

c. Add some sugar                  d. Add some honey

  1. Some celery

    I ounce garlic

    I ounce onion

    I kg Chicken

    ¼ kg tomato

    1/4carrot

    I pack of salt

     

                                           How much garlic does the writer want to buy?

a.Four ounces                    c. two ounces

b.Three ounces                  d. one ounces.

10. Form the shopping list we know that the writer probably want to cook?

a. Chicken curry                      c. Chicken Soup

b. Black Forest                        d. Fruit Salad

  • Rubrik Penilaian
Uraian Skor
Pilihan Ganda

Jawaban benar

Jawaban salah

 

10

0

Kunci Jawaban :

1.   D                                             6. A

2.   A                                             7. A

3.   B                                             8.  A

4.   C                                             9.  D

5.   A                                             10. C

Mengetahui,                                              Palembang, 26 Mei 2013

Kepala Madrasah,                                         Guru Mata pelajaran,

Rahmad Irwani, S.H.I                                   Ria Arini, S.Pd

PENUTUP

Ada 6 langklah yang bisa digunakan dalam proses pengembangan desain instruksional yaitu

  1. Analisis kebutuhan
  2. Analisis Instruksional
  3. Analisis prilaku awal dan karakteristik siswa
  4. Merumusakan TIK
  5. Membuat tes acuan patokan
  6. Mengembangkan Strategi instruksional
  7. Mengembangkan bahan ajar
  8. Membuat desain dan melakukan evaluasi Formatif.

DAFTAR PUSTAKA

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruktional Modern. Jakarta: Erlangga.

One thought on “HASIL PRODUK DESAIN

  1. Ping-balik: HASIL PRODUK DESAIN | RIA ARINI TP 2012

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s